Teduh…

February 20, 2017 § Leave a comment

Dari Asma bintu Yazid ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
“Maukah aku kabarkan kepada kalian orang yang terbaik?” Mereka berkata, “Mau wahai Rasulullah.”
Beliau bersabda, “Yaitu orang orang yang apabila dilihat, membuatmu ingat kepada Allah.”
[HR Ahmad, dihasankan oleh Syaikh Al Albani]

Semalam diajak suami mampir kajian di Asrama PPSDMS. Walaupun ngga sammpai jadi lulusan (wkwk), tetapi (alhamdulillah banget) si Abang masih dekat dengan para ustadz disana. Kajian diisi oleh salah seorang ustadz [yang tidak perlu disebut namanya]. Salah seorang yang saya kagumi atas dedikasi, cara pikir beliau, dan yang paling utama: kesalihan yang nampak dari wajahnya yang teduh. Kalau suami saya menyebutnya: “qalbunya sudah mapan”.

Di tengah hingar bingar pesona seleb-seleb instagram yang kadang bikin banyak-banyak menarik nafas (aha), sungguh tetap tidak ada yang mengalahkan pesona orang-orang soleh dengan keteduhan wajahnya dan auranya yang mapan memancar. Ngga usah denger beliau ngomong apa, dengan ngeliat wajahnya aja rasanya udah bikin ademmm sekaligus tertampar dalam satu waktu yang sama.

Udah sih, cuma mau cerita ini aja, hehe.
Semoga Allah terus merahmari beliau, dan orang-orang soleh diluar sana.

:)

December 1, 2016 § Leave a comment

Sesuatu itu disebut masalah, (hanya) ketika kita menilainya sebagai masalah. Tetapi ia akan jadi baik-baik saja, bahkan bisa jadi peluang kebahagiaan, selama kita menilainya begitu. :)

Don’t sweat a small stuff. Just be happy! ;*

Fi qalbi talala…

November 25, 2016 § Leave a comment

لا لا لا نحتاج المال
كي نزداد جمالا
جوهرنا هنا
 في القلب تلالا

La la, La nahtajul ma-la,
Kai nazdada jama-la,
Jauharna huna,
Fi qalbi talala.

Kita tidak memerlukan harta
untuk menambahkan kecantikan,
 kecantikan sesungguhnya ada di sini,
 di dalam hati ia bersinar.

[Humood – Kun Anta]

:’)

The Science of Raising Happy Kids (Saved Image)

October 28, 2016 § Leave a comment

Numpang save image ya: How to raise happy kids!
Semoga berguna juga buat yang terlanjur mampir kesini :D

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Target #1 (1): First step, buka tabungan haji!

October 23, 2016 § Leave a comment

~Sembari melupakan rindu sejenak pada si Abang (hiyah), mari kita update blog saja! :D

Qodarullah, Kamis dan Jumat kemarin saya harus cuti karena bude yang biasa jaga Sarah pulang kampung karena Ibunya meninggal. Hmm, sebenarnya timingnya bisa dibuat babymoon niii keluar kota, tetapi berhubung si Abang hari Kamis ada UTS, dan Sabtu (kemarin) harus berangkat tugas ke Pati, dan tanggal tua pula (wkwk); jadi sepertinya target yang itu harus diurungkan dulu (mudah-mudahan ada waktunya lagi ya, aamiin).

Tapi saya udah berazam, pokoknya harus ada milestone yang tercapai mumpung lagi cuti.
Jadilah hari Jumat memutuskan harus buka tabungan haji! Alhamdulillah juga Ibu dan si teteh lagi nginep di Depok, jadi sementara, bisa nitip adek Sarah sementara Ayah dan Bundanya jalan-jalan sebentar, hehe.

Pilihan tabungan haji jatuh pada 2 pilihan:

1. Melalui Pegadaian Syariah
Pegadaian syariah mulai dari pertengahan tahun 2016 ini telah membuka program baru bernama Arrum Haji, yaitu sejenis Dana Talangan Haji dimana dengan hanya menyetorkan 15 gram emas (setara dengan +- 7 juta rupiah) saja, kita bisa langsung didaftarkan dan mendapatkan porsi haji di Kemenag, jadi ngga harus menunggu terkumpul 25 juta seperti jika kita membuka tabungan haji di Bank. Jadi istilahnya, pegadaian akan ‘nalangin’ 25 juta untuk kita, nah 25 juta itu kita bisa cicil dalam jangka waktu 1-5 tahun. Lumayan membantu sih ya, daripada kita nunggu tabungan kita mencapai 25 juta dulu, which is udah pasti waktu tunggu hajinya bisa selisih beberapa tahun (kalau tidak belasan tahun, hiks). Kalau mau lebih jelas, bisa datang langsung ke Pegadaian Syariah terdekat di tempatmu :) –> ini saya kayak agen Pegadaian ya, haha. Dibawah ini hasil googling penjelasan singkat tentang program ini:

haji21

  • TambahanL SIMULASI ARRUM HAJI:
    12 bulan  Angsuran  Rp. 2.336.000 (+/-) –> Kalau dikalikan setara dengan Rp. 28.032.000
    24 bulan Angsuran  Rp. 1.294.500 (+/-) –> Kalau dikalikan setara dengan Rp. 31.068.000
    36 bulan  Angsuran  Rp.   947.300 (+/-) –> Kalau dikalikan setara dengan Rp. 34.102.800

2. Melalui Tabungan Mabrur Bank Syariah Mandiri
Kalau tabungan haji seperti Tabungan Mabrur BSM ini seperti kita sudah ketahui, jad bentuknya adalah sebuah tabungan yang didedikasikan untuk Haji, jadi uang yang disetor tidak bisa diambil (kecuali jika ingin ditutup sekalian). Di BSM ini, dengan biaya setor minimal 100.000 saja, kita sudah bisa buka tabungan haji ini, tanpa ada biaya administrasi. Lalu, kalau isi tabungan telah mencapai Rp. 25.100.000, uang tersebut bisa disetor ke Kemenag dan kita sudah bisa dapat porsi haji (yey!).

Saya dan suami awalnya udah yakin mau coba pakai program barunya Pegadaian Syariah. Pastilah kita bisa lebih cepat dapat porsi hajinya kalau ikut program ini, mengingat kalau daftar sekarang aja waktu tunggu di Depok sudah 19 tahun, ngga tau berapa tahun lagi kami harus menunggu kalau nunggu tabungan 25 juta, hehe.

Tapi kemudian, setelah menghitung dan menimbang, kami akhirnya memutuskan pakai program konvensional aja: Menabung!, hehe. Pertimbangan utamanya: Harus optimis (insyaAllah, amiiin ya Allah) kita bisa ngumpulin uangnya dalam jangka waktu kurang dari 6 bulan dan bisa daftar haji sebelum dedek bayi lahir. (Ini beneran sambil berdoa dan harap-harap cemas).

Dan there we were, setelah melepas kangen dengan makanan di kantin Fasilkom, kita pun membuka tabungan haji di BSM FMIPA UI. Isi formulir dan setor tabungan awal 100ribu. Prosesnya mudah banget dan cepat!

img_20161021_2006331

 

Setidaknya tabungan hajinya sudah ada, alhamdulillahhh. Tinggal pe-er ngisinya ini, hehe.

Well, sekian update kali ini. Update selanjutnya kalau nanti udah bisa daftar haji yaaa, aamiin. Doakan sebelum debay lahir sudah bisa daftar haji!… (karena yakin kalau udah lahir pasti kebutuhannya akan prioritas ke debay).

Haji itu panggilan Allah, kami yakin. Dan hanya kepadalah tempat kita berharap.

 

~Ampun, postingan ini banyak #ntms nya banget. Semoga ya semoga *hosh!

15 TARGET AKHIR TAHUN

October 18, 2016 § Leave a comment

Yihaa… udah tengah oktober sajaaa dannn saya sadar betapa tahun ini belum sepenuhnya dimanfaatkan dengan baik.

Jadi demi memenuhi segala kemestian yang harus dilaksanakan (haha, apaan sih). Intinya, demi memanfaatkan waktu yang tersisa, dan demi kekonsistenan ketercapaian target, kayaknya beberapa target harus saya tulis di blog ini. Kan malu ya, udah ditulis, terus ga tercapai, hehe.

Semoga bisa tercapai sebelum 31 Desember 2016! Aamiin

  1. Daftar haji bareng suami! (Daftar dulu deh ya pokoknyaaa)
  2. Daftarin Mas dan Sarah BPJS (Iya, ini juga harusnya udah didaftarin dari kemarin2)
  3. Memenuhi kewajiban pajak-pajak kendaraan (hehe)
  4. Belajar nyetir mobil sampai bisa dilepas nyetir sendiri di Komplek
  5. Baca 10 buku sampai akhir tahun (Mulai sekarang)
  6. Memenuhi target ibadah harian (Yang belakangan aduhai banget, gara-gara dorongan tidur bersama baby kecil dan baby di perut *alesannn
  7. Menangkap hafalan-hafalan quran yang sudah mulai terbang kesana sini
  8. Membina lagi! *tsah
  9. Bikin buku perkembangan Sarah dan Debay (Rencana lama yang ngga jadi-jadi dieksekusi)
  10. Tools untuk membantu Sarah bermain dan belajar di Tablet sudah tersusun rapi! (Kami ngga saklek “no-gadget” untuk Sarah, asal belajarnya sembari didampingi, bukan dilepas gitu aja :). Gadget membantu banget, misalkan untuk mengenalkan suara-suara binatang pada Sarah)
  11. Ajak Sarah minimal ke 2 tempat rekreasi. Rencananya: 1) Berenang 2) Ke D’Kandang Amazing Farm
  12. Menambah lagi tanaman di taman(tamanan) di rumah (Yang udah lama ngga keurus)
  13. Menjalankan program Diet untuk si Mas secara konsisten! (Seenggaknya turun 5 Kg lah sampai akhir tahun :b)
  14. Beli lemari (haha, harus ya ditulis disini?)
  15. BABYMOON sama si Mas keluar Kota :b

Udah deh segitu dulu, banyak-banyak nanti ga jalan.
Maaf ya, targetnya baru segitu aja. Tapi kalau tercapai, udah seneng banget rasanya :)

InsyaAllah Blog ini akan jadi tempat meng-update kabar2 seputar target ini.
Semoga bisa eksekusi semuanya yaaa, aamiin.

Memasuki 4 bulan…

October 5, 2016 § Leave a comment

“Sesungguhnya setiap orang di antaramu dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya empat puluh hari berupa nutfah, kemudian menjadi segumpal darah, (empat puluh hari kemudian), kemudian menjadi segumpal daging selama itu pula (40 hari berikutnya). Kemudian diutuslah kepadanya malaikat, lalu meniupkan ruh kepadanya dan diperintahkan atasnya menuliskan empat hal; ketentuan rejekinya, ketentuan ajalnya, ketentuan amalnya, dan ketentuan celaka atau bahagianya …”
[HR. Bukhari dan Muslim]

And I just can wipe my tears… :’)

Segala puji bagi Allah.